Monday 5 June 2017

PENULISAN 1 : REVIEW BELANJA DI ALIEXPRESS

ALIEXPRESS

★★★★☆

*Aku kasih 4 star karena uang aku masih belum kembali ke tangan aku dan ada barang entah nyangkut dimana, padahal iru ONEPIECE LUFFY keychain yang lucu parah.*
Sebenernya dah lama tau ada situs belanja ini, tapi baru download aplikasi aliexpress di android tahun 2016an. Kepepet gara-gara mau beli case hape Asus Zenfone 6. dan yang kelihatan paling murah disitu HAHA
Aliexpress adalah situs belanja milik alibaba grup (cie sama kayak UC Browser). pelapak/penjual kebanyakan dari tanah China dan sekitarnya seperti Singapura, Malaysia, dll
langsung to the point aja, saya bakal menceritakan pengalaman belanja saya di Aliexpress :)

HARGA

dari segi harga, barang-barang yang ada di Aliexpress tergolong murah. Banyak penjual di Indonesia yang ambil kulakan dari sini karena harganya muraah banget dan kualitasnya lumayan oke. banyak penjual juga memberikan FREE SHIPPING sampe Indonesia. Tips dari saya, pas mau beli lihat kurs rupiah dulu, soalnya pembelian dengan dolar, mungkin pas kurs rupiah lagi tinggi, tunggu lagi aja.

PEMBAYARAN

untuk pembayaran di aliexpress saya pakai mandiri clickpay. bisa pakai bank lain juga atau paypal. banyak banget yang disediain buat akses pembayaran ini. ga ribet asal tau aja runutannya. pakai kredir card juga bisa kok tapi sepertinya harus verifikasi dahulu.

GAMES

dalam aplikasi ali ada games mendapat koin gitu, login tiap hari nnti dapat koin yang bisa di tukar untuk voucher diskon gitu. ada freebies juga, itu hal-hal gratis yang bisa didapat random gitu, yang dapat harus bikin review produk.

DISKON

selalu ada diskon tiap hari, kalau di aplikasi ada mobile-deal yang bisa mencapai 8% off. ada juga barang pilihan yang masuk ke flash deal, jadi cuma diskon 24 jam aja. rajin-rajin lihat barang yang lagi diskon, kadang barang bagus bisa off sampai 50%.

SHIPPING

Aliexpress menyediakan free shipping ke Indonesia tapi nyampe ke tempat tujuan juga bisa 1 bulan lebih, kalau untung ya bisa 2 minggu. yang mau pakai jasa ship berbayar juga ada, misal fedex, tapi nanti jatuhnya lebih mahal ongkir ketimbang harga barang dengan proses pengiriman jauh lebih cepat.

PAJAK

ini hal yang paling penting karena menyangkut belanja dari luar negeri. Indonesia terkenal dengan Bea cukai yang lumayan mahal. barang diatas $50 bisa kena pajak bea cukai yang bisa mencapai 250ribuan, tergantung pembeli punya npwp apa engga. biasanya penjual dan pembeli mensiasati dengan menulis 'total pembelian palsu' yang kurang dari harga asli. tapi pengalaman saya selama ini, barang yang datang ke rumah selalu kena pajak 3000, mau harga 10rebuan, 30rebu, dll. beli barang elektronik juga bisa kena pajak besar ya jangan lupa.


CUSTOMER SERVICE

Live Chat dengan CS. kita langsung chat dengan CS ali, laporkan apa yang ingin kamu sampaikan. gausah setengah-setengah,  minta kejelasan dan bukti sekalian. atau mau report penjual bermasalah juga boleh. lebih asik kalau CS yang di dapat Native english, mereka lebih banyak omong dan penjelasannya lebih jelas dan asik LOL

REFUND

barang-barang yang ga nyampe, entah nyangkut dimana bisa diminta refund. bilang sama penjual, kalau misal penjual tidak welcome atau malah dicuekin, mending langsung ke Customer Service, nanti dibantu sama mereka. barang yang rusak atau beda dengan deskripsi juga bisa di minta refund, tapi ya itu deh prosesnya lama banget dan gatau bisa masuk ke kita lagi apa engga. aku pernah kayak gini dan proses lam, sampai sekarang belum masuk ke tabungan aku lagi. udah lapor CS dan bank terkait tapi ribet banget.

APLIKASI

belanja di aplikasi lebih worth daripada di website. ada filter barang dan harga juga, jadi gampang mau belanja dari range berapa sampe berapa. karena barang yang dicari bisa sampai ratusan/ribuan. banyak diskon juga di mobile dan lebih leluasa belanjanya. Games seru, freebies, earn koin sampe flash deal. ga sia-sia deh liat kesempatan ini setiap hari.

CANCEL

misal kita sudah bayar, tapi mau ganti barang atau berubah pikiran gitu gamau lagi itu barang, kamu bisa cancel tapi proses lama dan nunggu sampai di cek sama aliexpress.


Segitu aja dulu deh REVIEW pengalaman belanja di aliexpress, sempet nyesel gatau dari dulu karena ini kayak bertemu harta karun gitu uwooo surga belanja.

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates